8 CIRI KHAS KELEMAHAN PADA SATRIA FU 150
ZUZUKI SATRIA FU 150 siapa yang tak kenal jenis kuda besi pabrikan dari ZUZUKI satu ini. Selain memiliki disain yang ramping dan sporti, satria fu 150 tergolong memiliki mesin yang boleh terbilang sangat canggih, dan juga satu satunya jenis kendaraan ayago yang menerapkan sistim ( DOHC 4 Valve ). Selain itu, satria fu 150 juga telah dilengkapi dengan sistim oil coller sebagai pendingin oli mesin.
Satria fu 150 pertama kali di pasarkan di INDONESIA pada tahun 2004, dan pada saat itu juga kuda besi pabrikan dari ZUZUKI satu ini, sangat diminati dan memiliki daya pikat tersendiri di kalangan masyarakat INDONEAIA, hingga sekarang, khususnya bagi para kaula muda. Namun siapa sangaka, dibalik disain yang sporti, dan mesin yang tergolong cangih, satria fu 150 memiliki beberapa kelemahan yang sudah menjadi ciri khas tersendiri, dan tidak sedikit pula, para pengguna satria fu 150 sering mengeluhkan, beberapa kelemahan yang terdapat pada satria fu 150.
Pada kesempatan kami kali ini, kami akan mengartikelkan mengenai 8 ciri khas kelemahan yang terdapat pada satria fu 150, yang boleh dibilang sudah menjadi tren, di antaranya sebagai berikut:
1. Mesin Sering Brebet.
Keluhan yang pertama, dan sering kali terdapati pada satria fu 150 adalah, mesin brebet pada RPM rendah. Kondisi seperti ini tentunya sangatlah mengganggu, khususnya ketika motor digunakan berkendara pada saat kondisi jalananan sedang macet. Karena mesin akan telat merespon pembukaan gas, pada akhirnya, suara brebet akan muncul sebelum pada akhirnya mesin motor akan mati. Dan salah satu hal yang menjadi penyebab utamnaya adalah, setingan karburator yang kurang tepat, karena ukuran pilot jet yang terdapat pada karburator satria fu 150 adalah 12,5 dan tentunya ukuran pilot jet ini sangatlah kecil, untuk mesin motor yang mempunyai kapasitas cc, 150 cc yang mempunyai venturi karburator 26.
2. Mesin Mudah Mati Jika Terkena Air Hujan Atau Sehabis Di Cuci Stem.
Masalah lain yang terdapati pada satria fu 150 adalah. Mesin sulit dihidupkan, biasanya hal seperti ini akan sering dijumpain ketika pada saat motor sehabis di cuci, atau tersiram oleh air hujan/ terkena banjir, sehingga membuat mesin akan brebet sebelum pada akhirnya mesin mati, dan pada saat mesin akan dihidupkan kembali, mesin akan begitu sulit untuk dihidupkan. Kelemahan yang satu ini dapat terjadi karena adanya percikan air yang masuk kedalam ruang lubang busi, mengingat posisi lubang busi satria fu 150 yang condong 90 derajad tegak menghadap keatas, sehingga lubang busi pun sangat mudah sekali kemasukan oleh air, dan menyebabkan ruang busi menjadi lembab, sehingga mengakibatkan busi tidak dapat memercikan api. Meskipun pabrik telah merancang lubang pembuangan air pada lubang busi, namun lubang pembuangan air busi yang terletak pada bagian bawah leher kenalpot, lubang nya sangatlah kecil sekali, di tambah lagi letak lubang pembuangan air busi ini, letaknya sejajar menghadap ke roda ban depan, sehingga lubang pembuangan air busi ini sangat mudah sekali tersumbat oleh cipratan kotoran dan lumpur dari ban depan, terlebih lagi pada saat hujan, sehingga keberadaan lubang pembuangan air dari lubang busi ini pun akan sia sia.
3. Mesin Cepat Panas.
Berbeda dengan mesin HONDA CB 150, dan YAMAHA VIXION. Yang telah dirancang dengan mengusung sistim pendingin air, karena dapat kita lihat atau kita ketahui, SATRIA FU 150 versi karburator masih menggunakan sistim pendingin mesin yang masih menggunakan sirip udara pada mesin, untuk mentransfer udara panas ke udara luar. Selain menggunakan sirip udara, SATRIA FU 150 juga dilengkapi dengan sistim oil cooler, yang mampu mendinginkan oli pada bagian dalam mesin. Sehingga dapat kita ketahui SATRIA FU 150 memiliki dua unit sistim pendingin mesin, namun dapat kita lihat oil cooler yang terdapat pada motor ini sangatlah kecil sekali, sehingga mengakibatkan pada saat motor digunakan melaju dengan kecepatan rendah, suhu hawa panas dari mesin akan terasa sampai ke kaki, dikarenakan udara yang melewati oil cooler sangatlah kecil.
4. Suara Mesin Bunyi Tik Tik.
Permasalahan yang menjadi ciri khas dari satria fu 150 adalah, bunyi tikk tikkk dari dalam bagian mesin ketika mesin di hidupkan, dan hampir semua dari pengguna motor jenis satria fu 150 mengeluhkan masalah ini.
Dari berbagai macam khasus pada mesin satria fu 150, mayoritas kebanyakan berpendapat, bahwa bunyi tikk tikkk dari dalam ruang mesin ini, timbul dari dalam Tensioner mesin. Karena Tensioner ini berfungsi sebagai pengatur ketegangan rantai keteng, atau timing chain pada mesin satria fu 150, namun pada dasarnya pegas ini sangat rentan sekali, sehingga pada saat kekuatan pegas melemah timing chain akan mengendur, dan mengakibatkan timbul suara tikk tikkk dari dalam mesin satria fu 150.
5. Tranmisi Keras Dan Sulit Di Netralkan.
Untuk kelemahan pada bagian yang satu ini tentunya sangatlah mengganggu, dan belum diketahui dengan pasti hal yang menjadi penyebab utamnya, penyebab transmisi perseneling satria fu 150 yang keras dan sulit di netral kan. Terlebih lagi pada saat motor sedang berhenti dilampu merah, motor harus sedikit dimajukan atau dimundurkan baru transmisi dapat di netral kan, dan masalah yang satu ini dapat timbul pada satria fu 150 yang masih baru atau gres.
6. Rantai Gir Roda Berisik.
Kebanyakan dari para pengguna satria fu 150 mengeluhkan rantai roda berisik, terutama pada saat motor digunakan berkendara dijalan jelek, atau jalanan yang berlubang, suara tek tek dari rantai akan nampak terdengar begitu jelas, karena rantai berbenturan dengan lengan ayun.
7. Sorot Lampu Utama Redup Atau Tidak Terang.
Untuk sistim penerangan yang dimiliki satria fu karburator yang memiliki kapasitas cc, 150 cc, Tergolong sangatlah buruk. Khususnya ketika pada saat motor digunakan perjalanan pada malam hari, karena sistim lampu utama yang terdapat pada satria fu 150 karburator belum menggunakan lampu LED, sehingga sorot lampu yang dihasilkan redup atau kurang terang.
8. Komsumsi Bahan Bakar Boros.
Untuk konsumsi bahan bakar satria fu 150 tergolong sangatlah boros, maklum saja karena satria fu memiliki kapasitas cc, 150 cc. Selain itu, didalam manual book disebutkan bahwa satria fu 150 adalah jenis kendaraan motor yang mengharuskan, menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan 98% atau PERTAMAX. Sehingga bagi para pengguna satria fu 150 yang berkantong tipis, tidak akan dapat merasakan performa optimal dari mesin yang tergolong canggih tersebut, jika pengguna satria fu 150 menggunakan bahan bakar yang memiliki kadar oktan dibawah 90%.
Demikianlah pembahasan mengenai 8 Ciri Khas Kelemahan Yang Terdapat Pada Satria Fu 150 yang dapat kami informasikan, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda, khususnya bagi anda yang belum mengetahuinya.
Terimakasih.
Komentar
Posting Komentar