Beberapa Faktor Penyebab Kerusakan Pada Klep Motor Dan Efek Buruk Yang Berimbas Pada Mesin Motor
Katup, klep, atau ( Valve ), kebanyakan para pengguna kendaraan sepeda motor, pasti pernah mengalami kerusakan pada bagian komponen mesin yang sangat vital satu ini. Maklum saja, karena komponen mesin yang satu ini, selain memiliki fungsi yang sangat penting, klep juga memiliki tugas yang sangatlah berat, jika mendapatkan sedikit saja gangguan, atau terdapati sedikit saja kebocoran pada klep tersebut, hal ini akan dapat menyebabkan performa power mesin akan menurun atau melemah. Untuk fungsi dari klep itu sendiri, klep memiliki fungsi atau berperan sebagai, pengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang, dari sisa pembakaran yang dikompresikan oleh piston, dan pada dasarnya untuk ukuran klep itu sendiri memiliki ukuran yang tidak sama, untuk ukuran daun klep hisap, sengaja dirancang memiliki ukuran yang lebih lebar, hal ini dimaksutkan guna bertujuan untuk pengisian gas baru agar lebih optimal, dan klep hisap itu sendiri biasanya terbuat dari bahan campuran baja chrom, yang dipadukan dengan silikon, dan pada bagian dudukan ujung batang bagian klep pun diperkeras, guna bertujuan agar klep dapat menjadi lebih kuat dan awet. Sedangkan, bahan yang digunakan untuk klep buang itu sendiri, menggunakan dua bahan logam baja yang berbeda, untuk batang klep dari baja yang mempunyai sifat luncur yang sangat baik, dan untuk daun klep terbuat dari bahan baja yang memiliki daya tahan panas, dikarenakan temperatur suhu panas pada klep buang bisa mencapai 700 hingga 800 derajat Celcius, dan pada kesempatan kami kali ini, kami akan mengulas pembahasan tentang beberapa faktor penyebab kerusakan yang sering terdapat pada klep, dan efek apa saja yang ditimbulkan pada kendaraan bermotor, bila klep pada mesin motor mengalami kerusakan, diantaranya sebagai berikut.
1. Akibat Kerusakan Dari Daun Klep.
apabila daun klep mengalami kerusakan, hal ini akan berdampak dan berpengaruh buruk, pada beberapa fungsi mesin motor, seperti:
* Berkurangnya tekanan kompresi pada mesin motor, atau kompresi tekanan mesin motor bocor.
* Mesin motor akan begitu sulit untuk dihidupkan.
* Hidupnya mesin motor tidak dapat normal, alias ndet ndetan.
* Konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih boros.
* Mesin motor tidak bisa langsam atau stasioner sulit untuk disetel.
2. Batang Pada Bagian Klep Aus Atau Mengecil.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan batang daun klep mengecil atau aus diantaranya yaitu:
* Batang klep kocak atau longgar, pada bagian rumah klep atau bhos nya.
* Pergerakan klep tidak setabil atau goyang.
* Oli yang terdapat pada kepala silinder merembes atau menyelinap masuk, pada bagian ruang pembakaran.
* Oli mesin cepat menguap atau berkurang.
* Keluarnya asap hitam dan tebal pada bagian pembuangan kenalpot atau ngebul.
* Busi motor cepat mengalami, kotor, menghitam, basah, api yang dihasilkan busi mengecil, atau melemah dan mati.
* Ruang pada bagian pembakaran kocepat kotor oleh karbon atau arang.
* permukaan pada bagian kepala piston atau sheker cepat kotor.
3. Batang Pada Bagian Klep Bengkok.
Bengkoknya pada bagian batang klep, akan dapa menimbulkan beberapa faktor masalah, diantaranya:
* Rumah bhos pada klep akan cepat melebar, aus, bahkan akan dapat menyebabkan rumah klep, atau bhos, menjadi retak bahkan pecah.
* Pergerakan klep didalam rumah bhos menjadi seret, macet, bahkan tidak dapat bergerak sama sekali.
* Hidupnya mesin Motor tidak dapat setabil atau normal.
Nah demikianlan pengulasan mengenai faktor penyebab kerusakan pada klep motor, dan efek yang ditimbulkan yang dapat kami informasikan, semoga bermanfaat bagi anda. Terimakasih.
Komentar
Posting Komentar