Tips 99,99% Terbukti Ampuh Dan Jitu Memperbaiki Setater Motor Yang Rusak Atau Mati




  • Seiring perkembangan kemajuan teknologi, tak sedikit kendaraan yang dirakit atau dibuat dengan menggunakan sistem serba otomatis, guna bertujuan untuk memudahkan pengguna kendaraan dalam berkendara, atau bertujuan untuk meningkatkan daya minat beli oleh konsumen, karena tidak sedikit, dapat kita lihat, dan kita ketemukan, bahwa hampir 90,99% dari berbagai macam jenis dan merek sepeda motor yang ada sekarang ini, telah menggunakan atau terpasang sistim ( Setater otomatis ), selain dirancang untuk memudahkan para pengguna kendaraan sepeda motor, ( setater otomatis ) sengaja dirancang atau dirakit oleh pabrik, guna bertujuan sebagai alat bantu utama, untuk menghidupkan mesin motor, ketika mesin motor mendadak mengalami mati mesin, saat kendaraan sepeda motor sedang digunakan berkendara dijalan raya. Namun tak sedikit juga dari sekian banyak pengguna kendaraan sepeda motor, yang mengalami problem atau masalah pada ( setater otomatis ), dan tentunya hal ini akan sangat merepotkan, khususnya bagi anda para pengguna kendaraan sepeda motor jika ( setater otomatis ) tidak dapat berfungsi sebagai mana mustinya, atau ( setater otomatis ) mengalami kerusakan/ mati, dan pada kesempatan kami kali ini, kami akan menginformasikan tentang beberapa langkah cara mudah, untuk melakukan perbaikan pada ( setater otomatis ) yang mati, atau rusak.


Sebelum melakukan langkah perbaikan, sangat penting sekali untuk mengetahui dengan betul, faktor apa saja yang menyebabkan rusaknya, atau matinya, ( setater otomatis ) pada kendaraan sepeda motor, agar anda dapat melakulan langkah perbaikan ( setater otomatis ) dengan mudah dan benar, pada dasarnya yang sering kali jadi pemicu atau rusaknya ( setater otomatis ) adalah rusaknya beberapa komponen seperti, aki, tombol setater/kabel rangkaian setater, relay setater/bendik, dan motor setater/dinamo, dan untuk melakukan langkah perbaikan pada
 ( setater otomatis ) itu sendiri adalah sebagai berikut:


1.  Aki Atau Baterai


Langkah pertama adalah lakukan pengecekan pada aki atau baterai, karena aki atau baterai, merupakan salah satu komponen penting yang menjadi satu satunya penunjang, suplai aliran listrik, keseluruh bagian komponen sepeda motor, yang membutuhkan suplai aliran tenaga listrik. Salah satunya untuk sistem kelistrikan pada ( setater otomatis ), jika pada saat tombol setater anda tekan atau pencet, namun motor setater/dinamo, tidak merespon atau tidak terdapat adanya perputaran pada dinamo,  maka lakukan pengecekan pada sumber aliran tenaga listrik yang terdapat pada aki, dengan menggunakan multimeter sebagai alat bantu, untuk mengetahui tegangan listrik yang terdapat pada aki, jika pada saat melakukan pengecekan terdapati tegangan listrik pada aki kurang dari 12 volt, maka terdapat dua kemungkinan, yaitu sistim pengisian air aki yang bermasalah, atau aki memeng sudah mengalami kerusakan. Namun jika sewaktu pengecekan diketemukan tegangan listrik pada aki lebih dari 12 volt, berarti aki tidak mengalami kerusakan.

2. Tombol Setater/ Rangkaian Kabel



Jika sewaktu melakukan pengecekan pada tegangan listrik, yang terdapat pada aki tidak mengalami masalah. Langkah selanjutnya adalah, melakukan pemeriksaan pada rangkaian kabel dengan teliti, dari mulai melakukan pemeriksaan pada, tombol setater, soket soket, dan kabel yang putus, untuk dapat melakukan pengecekan pada rangkaian ini, dapat menggunakan alat bantu multimeter dan periksa apakah, aliran arus listrik mengalir atau tidak, jika sewaktu melakukan pemeriksaan terdapati adanya salah satu kabel yang putus, anda dapat melakukan penyambungan kembali, atu jika perlu menggantikanya dengan yang baru.

3. Relay Setater Atau Bendik.



Langkah berikutnya lakukan pengecekan pada ( Relay setater atau bendik ) karena komponen satu ini, sangat sering sekali menjadi penyebab utama kerusakan atau matinya ( setater otomatis ), pada kendaraan sepeda motor, jika ( Relay setater/bendik ) mengalami kerusakan. Bendik sendiri memiliki peran dan fungsi penting yaitu sebagai, saklar elektro magnetik, yang berguna sebagai, pemutus dan penghubung aliran arus listrik yang memiliki tegangan cukup tinggi, dari aki menuju motor setater,  dan untuk mengetahui bendik masih berfungsi dengan baik atau tidak,  dapat dilakukan pengecekan dengan cara, sambungkan dua buah kabel ( Min - ) dan ( Plus + ), jika pada waktu menyambungkan dua buah kabel tersebut, terdengar adanya bunyi
 ( chetak ), itu menandakan bahwa bendik masih bagus, namun jika tidak terdengar bunyi sama sekali, kemungkinan besar bendik sudah rusak atau mati, dan jika bendik sudah rusak atau mati, komponen satu ini tidak dapat diperbaiki, dan harus diganti dengan yang baru.

4. Motor Setater Atau Dinamo. 



Langkah yang terakhir, lakukan pengecekan pada motor setater atau ( Dinamo ), meski komponen yang satu ini sangatlah jarang sekali mengalami kerusakan. Namun, tidak ada salahnya juga untuk melakukan pemeriksaan pada komponen yang satu ini,  dan cara untuk melakukan pemeriksaan pada motor setater atau ( Dinamo ) masih berfungsi dengan baik atau tidak, dapat dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat bantu multimeter dengan cara di ( probe ) ples ( + ) dihubungkan dengan kabel yang menuju ke motor setater dan ( probe ) Min ( - ), lalu hubungkan dengan masa, setelah itu, pencet atau tekan tombol setater, dan periksa apakah terdapat adanya sumber arus listrik yang mengalir atau tidak, jika terdapat adanya sumber arus listrik yang mengalir, maka sudah dapat dipastikan, bahwa motor setater mengalami kerusakan atau mati, dan kerusakan yang terdapat pada motor setater, bisa disebabkan oleh adanya dua kemungkinan yaitu, ( Brush ) sudah aus, atau bisa juga disebabkan kumparan telah terputus, jika hanya ( Brush ) saja yang telah aus,  dapat diganti dengan yang baru. Namun jika kumparan atau ( Spull ) yang terputus, sebaiknya anda membawanya ke mekanik tukang servis dinamo yang terdapat di daerah tempat anda tinggal.

Demikianlah mengenai beberapa solusi cara untuk melakukan perbaikan pada ( setater otomatis ) yang mengalami kerusakan atau mati, yang dapat kami informasikan, semoga dapat membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cara Memperbaiki Karet Intake Manifold

Langkah Mudah Memperbaiki Klep Motor Yang Bocor Tanpa Harus Menyekir Di Jamin 99,999% Jitu

SOLUSI CARA TEPAT DAN MUDAH MEMPERBESAR PENGAPIAN MOTOR 99,9% TERBUKTI EFEKTIF