CARA TEPAT MEMPERBAIKI AKI KERING YANG SUDAH MATI
Aki kering, atau aki yang bebas perawatan ini memang memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan aki basah. karena aki kering tidak memerlukan perawatan rutin, seperti yang harus dilakukan pada aki basah. Aki kering juga mampu bertahan kegunaanya hingga 1 tahun, bahkan dapat mapu bertahan hingga 1,5 tahun, tanpa harus melakukan perawatan yang rutin. Namun tak jarang juga aki kering yang sudah mati, rusak atau soak, dibuang begitu saja.
Karena kebanyakan orang beranggapan dan tidak mengetahui, bahwa aki kering yang sudah mati tidak bisa diperbaiki, atau hanya bisa digunakan sekali saja, ketika aki kering mengalami kerusakan, atau mati, padahal ditangan para ahli, aki kering yang sudah mati, rusak, atau soak, masih bisa diperbaiki kembali.
Cara untuk memperbaiki aki kering yang sudah mati tergolong sangatlah mudah, bahkan orang yang awam tentang dunia perbaikan aki pun, bisa memperbaiki atau dapat mempraktekanya sendiri dirumah. Biyaya untuk memperbaiki aki kering yang sudah mati tergolong sangatlah murah, hanya memerlukan dana berkisar 20 ribu rupiah saja untuk memperbaiki aki kering yang sudah mati.
Perbandingan yang sangat berbeda jauh bukan, bila dibandingkan untuk membeli aki kering baru yang memiliki kisaran harga 200 hingga 260 ribu rupiah. Dan langkah perbaikan aki kering yang sudah rusak selain membantu juga dapat menekan biyaya pengeluaran anda.
Perlu diketahui juga bahwa pada dasar nya aki kering juga terdapat air didalam nya. sama seperti aki basah yang membutuhkan H2O atau air suling dicampur dengan SO4 atau asam sulfat untuk menghasilkan elektrolit. hanya saja pabrik mendisain rapat aki kering dan terlihat seperti tidak terdapat adanya air didalam aki kering, disain yang rapat pada aki kering ini bertujuan untuk menjaga level aman air aki, agar tetap utuh dan tidak mudah menguap. Pada saat aki kering digunakan, air aki yang menguap pun akan kembali menjadi air aki dengan sendiri nya.
Namun tak jarang juga aki kering yang terpasang pada kendaraan motor atau mobil, sering kali mengalami kerusakan, kerusakan yang terjadi pada aki kering disebabkan karena telat melakukan carger, pada dasarnya aki kering sama persis seperti batrai handfond. Apa bila batrai handfond sudah mendekati 15% atau 10% hanfond akan berbunyi dan mendapat peringatan, apa bila batrai handfond tidak segera dilakukan pengecasan batrai akan berkurang dan habis menjadi 0%. begitu juga dengan aki kering, apa bila lampu emergency aki kering yang terpasang pada kendaraan motor menyala, tapi tidak segera melakukan carger pada aki kering, aki kering pun akan mengalami kerusakan dan mati.
Dan pada kesempatan kami kali ini, kami akan berbagi tips jitu untuk memperbaiki aki kering yang sudah mati atau rusak.
Langsung saja praktek, dan berikut langkah langkah cara memperbaiki aki yang sudah rusak atau mati.
1. Langkah pertama
Anda harus melakukan proses pembukaan secara paksa pada bagian atas penutup aki kering anda, dengan menggunakan obeng minus. Karena pabrik memang sengaja mendisainds rapat menutup bagian atas pada aki kering dengan menggunakan lem agar sulit untuk dibuka.
Dan foto dibawah ini adalah foto proses pembukaan bagian atas aki kering dengan menggunakan obeng minus.
2. Langkah kedua anda perlu membuka lubang penutup aki kering
Setelah andan sukses membuka penutup bagian atas pada aki kering, anda akan melihat terdapat 3 atau 6 buah lubang dan pada aki yang berukuran 6 volt akan terdapat 3 buah lubang. sedangkan aki yang berukuran 12 volt akan memiliki 6 buah titik lubang, setelah anda melihat lubang tersebut anda perlu membukanya agar lubang aki tersebut terlihat dengan jelas.
Berikut di bawah ini gambar saat lubang aki di buka.
3. Lakukan proses pengisian air zuur
Lubang yang terdapat pada aki memang sangatlah kecil dan anda dapat mengisi air zuur dengan menggunakan alat bantu suntikan bekas, pada saat proses pengisian air zuur usahakan agar tidak meluber. sisakan jarak 1 cm antara penutup aki dengan air aki, karena hal ini bertujuan agar air aki tidak meluber pada saat proses melakukan carger nanti.
Di bawah ini gambar proses pengisian air zuur dengan menggunakan suntikan bekas.
4. Tutup aki dengan menggunakan lem alteco atau lem besi
Setelah selesai melakukan proses pengisian air zuur kedalam beberapa lubang aki. langkah selanjutnya anda perlu melakukan pengeleman dengan menggunakan lem alteco atau lem besi, dan usahakan saat proses pengeleman pastikan tidak ada udara yang masuk ataupun keluar.
5. Lakukan carger pada aki
Setelah proses pengeleman selesai lakukan tahapan terakhir yaitu proses carger pada aki. Sebenarnya carger juga bisa dilakukan dengan cara memasang kan aki ke kendaraan motor anda dengan cara menghidupkan mesin motor, akan tetapi hasil yang didapatkan kurang maksimal. Dan kami sarankan agar anda melakukan carger ketempat carger aki didaerah tempat anda tinggal.
Setelah carger selesai anda dapat langsung test aki anda apakah aki anda bisa berfungsi dengan maksimal atau tidak. Karena sejauh ini cara ini terbukti jitu dan mampu membuat aki kering yang sudah mati bisa Kembali normal dan bisa digunakan kembali.
Dan tentunya proses perbaikan ini tidak terlalu menelan biyaya yang banyak. Karena hanya memerlukan uang 5000 untuk membeli lem alteco, 5000 untuk membeli air zuur dan 10000 untuk proses carger. Jadi anda hanya membutuhkan uang 20000 untuk proses perbaikan aki kering yang sudah mati.
Demikianlah mengenai tips mudah, untuk memperbaiki aki kering yang sudah mati, yang dapat kami sampaikan.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Karena kebanyakan orang beranggapan dan tidak mengetahui, bahwa aki kering yang sudah mati tidak bisa diperbaiki, atau hanya bisa digunakan sekali saja, ketika aki kering mengalami kerusakan, atau mati, padahal ditangan para ahli, aki kering yang sudah mati, rusak, atau soak, masih bisa diperbaiki kembali.
Cara untuk memperbaiki aki kering yang sudah mati tergolong sangatlah mudah, bahkan orang yang awam tentang dunia perbaikan aki pun, bisa memperbaiki atau dapat mempraktekanya sendiri dirumah. Biyaya untuk memperbaiki aki kering yang sudah mati tergolong sangatlah murah, hanya memerlukan dana berkisar 20 ribu rupiah saja untuk memperbaiki aki kering yang sudah mati.
Perbandingan yang sangat berbeda jauh bukan, bila dibandingkan untuk membeli aki kering baru yang memiliki kisaran harga 200 hingga 260 ribu rupiah. Dan langkah perbaikan aki kering yang sudah rusak selain membantu juga dapat menekan biyaya pengeluaran anda.
Perlu diketahui juga bahwa pada dasar nya aki kering juga terdapat air didalam nya. sama seperti aki basah yang membutuhkan H2O atau air suling dicampur dengan SO4 atau asam sulfat untuk menghasilkan elektrolit. hanya saja pabrik mendisain rapat aki kering dan terlihat seperti tidak terdapat adanya air didalam aki kering, disain yang rapat pada aki kering ini bertujuan untuk menjaga level aman air aki, agar tetap utuh dan tidak mudah menguap. Pada saat aki kering digunakan, air aki yang menguap pun akan kembali menjadi air aki dengan sendiri nya.
Namun tak jarang juga aki kering yang terpasang pada kendaraan motor atau mobil, sering kali mengalami kerusakan, kerusakan yang terjadi pada aki kering disebabkan karena telat melakukan carger, pada dasarnya aki kering sama persis seperti batrai handfond. Apa bila batrai handfond sudah mendekati 15% atau 10% hanfond akan berbunyi dan mendapat peringatan, apa bila batrai handfond tidak segera dilakukan pengecasan batrai akan berkurang dan habis menjadi 0%. begitu juga dengan aki kering, apa bila lampu emergency aki kering yang terpasang pada kendaraan motor menyala, tapi tidak segera melakukan carger pada aki kering, aki kering pun akan mengalami kerusakan dan mati.
Dan pada kesempatan kami kali ini, kami akan berbagi tips jitu untuk memperbaiki aki kering yang sudah mati atau rusak.
Langsung saja praktek, dan berikut langkah langkah cara memperbaiki aki yang sudah rusak atau mati.
1. Langkah pertama
Anda harus melakukan proses pembukaan secara paksa pada bagian atas penutup aki kering anda, dengan menggunakan obeng minus. Karena pabrik memang sengaja mendisainds rapat menutup bagian atas pada aki kering dengan menggunakan lem agar sulit untuk dibuka.
Dan foto dibawah ini adalah foto proses pembukaan bagian atas aki kering dengan menggunakan obeng minus.
2. Langkah kedua anda perlu membuka lubang penutup aki kering
Setelah andan sukses membuka penutup bagian atas pada aki kering, anda akan melihat terdapat 3 atau 6 buah lubang dan pada aki yang berukuran 6 volt akan terdapat 3 buah lubang. sedangkan aki yang berukuran 12 volt akan memiliki 6 buah titik lubang, setelah anda melihat lubang tersebut anda perlu membukanya agar lubang aki tersebut terlihat dengan jelas.
Berikut di bawah ini gambar saat lubang aki di buka.
3. Lakukan proses pengisian air zuur
Lubang yang terdapat pada aki memang sangatlah kecil dan anda dapat mengisi air zuur dengan menggunakan alat bantu suntikan bekas, pada saat proses pengisian air zuur usahakan agar tidak meluber. sisakan jarak 1 cm antara penutup aki dengan air aki, karena hal ini bertujuan agar air aki tidak meluber pada saat proses melakukan carger nanti.
Di bawah ini gambar proses pengisian air zuur dengan menggunakan suntikan bekas.
4. Tutup aki dengan menggunakan lem alteco atau lem besi
Setelah selesai melakukan proses pengisian air zuur kedalam beberapa lubang aki. langkah selanjutnya anda perlu melakukan pengeleman dengan menggunakan lem alteco atau lem besi, dan usahakan saat proses pengeleman pastikan tidak ada udara yang masuk ataupun keluar.
5. Lakukan carger pada aki
Setelah proses pengeleman selesai lakukan tahapan terakhir yaitu proses carger pada aki. Sebenarnya carger juga bisa dilakukan dengan cara memasang kan aki ke kendaraan motor anda dengan cara menghidupkan mesin motor, akan tetapi hasil yang didapatkan kurang maksimal. Dan kami sarankan agar anda melakukan carger ketempat carger aki didaerah tempat anda tinggal.
Setelah carger selesai anda dapat langsung test aki anda apakah aki anda bisa berfungsi dengan maksimal atau tidak. Karena sejauh ini cara ini terbukti jitu dan mampu membuat aki kering yang sudah mati bisa Kembali normal dan bisa digunakan kembali.
Dan tentunya proses perbaikan ini tidak terlalu menelan biyaya yang banyak. Karena hanya memerlukan uang 5000 untuk membeli lem alteco, 5000 untuk membeli air zuur dan 10000 untuk proses carger. Jadi anda hanya membutuhkan uang 20000 untuk proses perbaikan aki kering yang sudah mati.
Demikianlah mengenai tips mudah, untuk memperbaiki aki kering yang sudah mati, yang dapat kami sampaikan.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Komentar
Posting Komentar