ZUZUKI SATRIA FU 150 MENDADAK MATI SAAT DIGUYUR AIR HUJAN, INI PERMASALAHANYA DAN SOLUSINYA



Tak sedikit para pengguna kuda besi SATRIA FU 150 pabrikan dari ZUZUKI ini, mengeluhkan, bahkan sering mengalami masalah mesin tiba tiba berebet lalu mati, atau mogok, ketika sedang di pacu dalam keadaan guyuran air hujan, atau sehabis di cuci. Pada saat mesin mogok atau mati, otomatsis busi dibuka, dibersihkan dan dikeringkan, namun ketika busi dipasang kembali, mesin masih saja sulit dihidupkan, meskipun bisa hidup, tidak lama digunakan berjalan kira kira dengan jarak 200 sampai 300 meter, mesin kembali mati atau mogok.

Kejadian seperti ini biasanya disebabkan oleh adanya genangan air yang terdapat pada lubang busi, sehingga busi tidak dapat memercikan api, dengan maksimal, dan ( chop ) busi yang longgar, sobek, atau getas, yang menyebabkan air dapat dengan mudah menyelinap masuk pada bagian lubang busi, ditambahkan lagi posisi lubang busi SATRIA FU 150 yang vertikal, atau tegak menghadap keatas, sehingga semakin mempermudah proses masuknya air kedalam lubang busi.

Pada dasarnya pabrik telah mendisain lubang pembuangan, untuk mengalirkan air dari dalam ruang busi, hanya saja, letak pembuangan air lubang busi ini sangat kecil dan sedikit tersembunyi, yaitu terletak persis dibawah leher kenalpot seperti foto dibawah ini.



Selain kecil, lubang pembuangan air busi ini juga letaknya sejajar berhadapan dengan ban depan, sehingga rawan tersumbat jika terkena cipratan kotoran yang dicipratkan oleh perputaran roda depan, terlebih lagi jika motor digunakan saat sedang hujan, otomatis penyumbatan kotoran akan lebih cepat terjadi, jika lubang pembuangan telah tersumbat, air yg terdapat pada bagian lubang busi pun, tidak akan dapat mengalir keluar sehingga menggenangi busi, dan mengakibatkan pengapian busi tidak dapat berfungsi sebagai mana mustinya karena busi ( lembab ).

Untuk mengatasi masalah pada penyumbatan lubang pembuangan air busi ini sangat mudah sekali, anda tinggal mengorek, atau merojok, lubang tersebut dengan menggunakan, kawat klip, atau sedotan aqua bekas, hingga bersih dan air yang terdapat pada lubang busi tersebut mengucur keluar, jika perlu lakukan penyemprotan dengan kompresor ke bagian lubang pembuangan air busi, agar lubang benar benar bersih dari kerak atau kotoran, dan untuk mengatasi masuknya air dari kabel ( chop ) busi, anda dapat menggunakan isolasi sebagai cara mencegah atau mengantisipasi, masuknya air dari kabel koil ke ( chop ) busi seperti foto dibawah ini.


Jika dirasa ( chop ) busi sudah longgar, retak, atau sobek, kami sarankan agar segera dilakukan pergantian ( chop ) busi dengan yang baru, dan tentunya lakukan pergantian ( chop ) busi dengan yang ori, agar lebih awet dan tahan lama.

Demikianlah pembahasan artikel singkat kami mengenai ZUZUKI SATRIA FU 150 MENDADAK MATI SAAT DIGUYUR AIR HUJAN, INI PERMASALAHANYA DAN SOLUSINYA, yang dapat kami informasikan, semoga dapat bermanfaat dan membantu, khususnya bagi anda pengguna SATRIA FU 150.


 Terimakasih.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cara Memperbaiki Karet Intake Manifold

Langkah Mudah Memperbaiki Klep Motor Yang Bocor Tanpa Harus Menyekir Di Jamin 99,999% Jitu

SOLUSI CARA TEPAT DAN MUDAH MEMPERBESAR PENGAPIAN MOTOR 99,9% TERBUKTI EFEKTIF